Iklan
jump to navigation

Ketika Logat Sunda Terjemahkan Singkatan, Salah Sihhh Tapi Bener 16 September 2014

Posted by peysblog in Budaya.
Tags:
trackback

d'gujubar balap karung

Sodara-sodara sebangsa dan setanah air… Sunda merupakan salah satu dari sekian banyak suku di Indonesia, setelah sempat membuat bingung dunia blogsphere seperti yang diposting Pakde Maskur di sini tentang logat bacaan Sunda yang polos seperti :

Avanza : Apanja

Rush      : Ras

Jazz        : Jes

Dan lain-lain

Dari situ timbul kesadaran karena saya sendiri berasal dari suku Sunda yang kental dan memang betul (kadang) demikian, banyak hal dibaca dan diterjemahkan dengan “sangeunahna sungut”. Tapi ternyata tidak semuanya penafsiran orang sunda itu salah (minimal ada benarnya juga laaahhh) Contohnya pada singkatan-singkatan berikut ini nih : Pada speedo terdapat tulisan F dan E tepatnya di indikator BBM, orang Sunda mengartikannya dengan :

F = Finuh (penuh)

E = Eweuhan (gak ada)

Selain urusan otomotif, ternyata urusan pakaianpun tidak lepas dari penafsiran yang minimal ada benarnya itu. Contoh dalam membaca ukuran pakaian :

S = Sereg (ketat)

M = Meujeuhna (cukup)

L = Logor (longgar)

Amburadul bukan?? Tapi itulah kekayaan budaya Indonesia. Kalau bukan kita siapa lagi yang mau menjaga? Salam “Sangeunahna Sungut” dari gunung

Iklan

Komentar»

1. Maskur - 16 September 2014

amburegul

peysblog - 16 September 2014

oooooo ini pakdenya nihhhh

2. cicak kreatip.com - 16 September 2014
peysblog - 16 September 2014

Begitulah wkwkwk

3. potretbikers - 16 September 2014
peysblog - 16 September 2014

Temennya baso juga mas

potretbikers - 16 September 2014

loch yaa….#serius, aku gak paham 🙄

peysblog - 16 September 2014

klo sy sih anggap plesetan dr amburadul (acak2an/gk kruan)

potretbikers - 16 September 2014

owalah, amburadul to?? kalau itu saya paham 🙂

4. FЭЯƔ - 16 September 2014
peysblog - 16 September 2014

tapi bener da euy

5. agun - 16 September 2014

ABCD

abuskeun bebeskeun cecebkeun dedetkeun

peysblog - 16 September 2014

jiiiir diborong

6. warungasep - 16 September 2014

Hahahaha.. Bener oge nya Finuh E Euweuhan.. Hahaha… Aya deui mang Airbag(kantong air) ngahahaha 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/09/15/kompilasi-gambar-kiriman-pemirsa-warungasep/

peysblog - 16 September 2014

Airbag mah ngaran lembur mang… Kp. Cikeresek tea

7. adityaprad - 16 September 2014

Hahahaha nyambung aja :v

peysblog - 16 September 2014

begitulah budaya

8. brigade jalan raya - 16 September 2014

setiap saya nonton sandiwara orang kota dari jakarta, burjois, selalu orang desanya dari bandung, sunda. Sinfa sesuatu bingit.

9. brigade jalan raya - 16 September 2014

eh sunda. typo. 🙂

peysblog - 17 September 2014

gara2 kabayan tuh pak, tp gpp lah

10. ndesoedisi - 17 September 2014
11. Awas…!!! Orang Sunda Lagi Belajar Hurup Ep | PEYSBLOG - 14 Mei 2015

[…] “Ketika orang sunda terjemahkan singkatan, Salah Sihhhh Tapi Bener” […]

12. Dari Tim Iklan Mio Sampai Jadi DPO… FBY Ini Tetap Cinta Mati Sama Yamaha | PEYSBLOG - 20 September 2015

[…] Ketika orang Sunda menterjemahkan otomotif […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: