Iklan
jump to navigation

Jonggol… Dari Calon Ibukota Sampai Pabrik Minerva Dan Rumah Si Wakwaw. Ini Faktanya…!!! 8 Desember 2014

Posted by peysblog in Cerita Dari Bogor, Potret Jalanan.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Sampurasun…!!!

jonggol

PEY – Entah mengapa nama Jonggol kini begitu mencuat… Bahkan beberapa pencarian Google nyasar ke Blog ini akibat adanya kalimat tentang Jonggol pada beberapa artikel. Lucunya lagi seorang teman merequest untuk membahas tentang daerah ini padahal saya sendiri bukan orang Jonggol hanya mungkin agak berdekatan dan semasa muda pernah menempuh pendidikan di sana tepatnya di JL. Rawa Gumbira No. 39, MAN Jonggol namanya 😀 … Untuk itu mari kita sedikit melipir ke Kota yang mempertemukan saya dengan Nyonya Menir gkgkgk.

Nama Jonggol sendiri pernah mencuat akibat tiga hal berikut.

  1. CALON IBU KOTA REPUBLIK INDONESIA

istana1

Pernah digadang-gadang sebagai calon Ibukota “pindahan” dari Negeri ini mengingat kondisi Jakarta yang sudah tak layak huni akibat berbagai macam problema di dalamnya, seperti banjir, kemacetan dan urbanisasi… Bahkan sebelum era reformasi bergulir kabar ini sudah santer terdengar bagi warga Jonggol. Kenyataannya hingga hari ini kabar tersebut hanya kabar burung yang tak ada update lagi.

  1. DOMISILI PABRIK MINERVA

Megelli 250R Limited Edition in Japan2

Jagat Roda Dua sangat mengenal Minerva dengan sebutan “Produk Jerman Kualitas Jonggol” akibat pemberitaan bahwa pabrik utama Minerva Indonesia ada di sana… Hmmm apa benar??? Ternyata tidak, sebab pabrik minerva justru berada di Cileungsi yang lebih dekat dengan Cibubur atau kawasan Jakarta Timur. Hanya saja pabrik tersebut berada di JL. Raya Jonggol

  1. RUMAH SI WAKWAK

soni wakwaw

Subhanallah… Kejadian inilah yang paling menggelikan sekaligus mengherankan. Setidaknya 3 kali saya berkunjung ke luar kota (Sukabumi, Karawang dan Purwakarta) selalu saja ada yang menanyakan tokoh Wakwaw dalam film favorit anak saya tersebut… Lantas apakah benar si Wakwaw dan Bapaknya itu orang Jonggol??? Sepertinya tidak, menurut infromasinya hanya pernah beberapa kali shooting film di daerah tersebut… ckckck

Lalu bagaimana Jonggol yang sesungguhnya…???

Jonggol adalah sebuah kota kecil di Kabupaten Bogor yang dulu sebelum ada tol Cipularang merupakan jalur utama Jakarta – Bandung selain Via Puncak.. saking kecilnya hanya ada 1 SPBU pertamina di daerah sini, tidak berimbang dengan kemajuan di bidang roda 2 sudah sangat lama berkembang. Terbukti Bajaj pernah mendirikan sebuah dealer resmi yang cukup besar namun akhirnya entah kemana. Suzukipun bangkrut dan kemudian gedungnya beralih menjadi milik Kawasaki bernama dealer Kawasaki Junior… Namun yang tetap menguasai adalah Honda dengan Lestari Motor dan Yamaha dengan SK Motor.

Jonggol lebih terkenal dengan Kota Pendidikan sebab di sini banyak berdiri sekolah setingkat SLTA yang boleh dibilang unggulan sebut saja MAN 39 tempat saya dulu menimba ilmu + cari pacar 😀 (duh jadi inget) dan SMAN 1 Raweuy yang menjadi favorit remaja bahkan hingga ke daerah lain seperti Cileungsi dan Cariu.

Kondisi alam Jonggol yang datar dan berupa persawahan membuatnya gersang untuk standar Bogor 😀 meski katanya Jonggol berasal dari kata Jungle ah kenyataannya tidak. Kemajuan di bidang ekonomi sepertinya biasa-biasa saja tebukti hanya memiliki 1 pasar tradisional tanpa pusat perbelanjaan mewah. Selain itu ada beberapa penampakan yang semestinya sudah tak ada di sebuah daerah yang disebut-sebut sebagai calon ibukota ini yakni 2 jembatan bambu yang harus dilalui masyarakatnya…

Jembatan Penghubung Jonggol - Sukamakmur

Jembatan Penghubung Dayeuh – Sukaresmi

Jembatan Bambu Di Sukanagara

Jembatan Bambu Di Sukanagara

Selanjutnya mengenai alat transportasi, di Jonggol ada yang disebut mobil unyil yakni Mobil berjenis Carry bak terbuka yang memakai kap modifikasi sehingga penumpang seperti memasuki Goa hal tersebut sering menjadi celotehan anak sekolah “Heyyy naik mobil gua yu???” padahal artinya naik mobil unyil itu.Kecemburuan nih buat plat kuning..

angkutan unyilLalu kendaraan unik lainnya yakni Motuba tangguh berusia lebih dari 70 tahun yang disebut Tiper oleh masyarakat, nah apakah itu??? Artikelnya terpisah, nanti saya ke Jonggol dulu 😀 untuk mengambil gambarnya…

Demikian sekilas mengenai Jonggol, semoga mengurangi rasa penasaran anda.

Salam dari Gunung

Iklan

Komentar»

1. aray0ne - 8 Desember 2014

Mantap om, ditunggu ulasan selanjutnya

pey - 8 Desember 2014

Oke.. Tnggu aja om ni keknya bkl lama sy ke jonggol lg

2. warungasep - 8 Desember 2014

aki mana aki aki mana??? di tongkol eh eta mobil gua yeh plat hideung

pey - 8 Desember 2014

Pake gees asterah… Wkwkwk

3. baha - 8 Desember 2014

gitu ya

pey - 8 Desember 2014

Yup betul waw… #eh om baha maksute

4. wtf170 - 8 Desember 2014

bapak mana bapak?

pey - 8 Desember 2014

Itu tenggelam di empang wkwkwk.. Ini nih yg punya kawasan minerva yak?

wtf170 - 8 Desember 2014

Deket….

5. KLX Adventure - 8 Desember 2014

Wah begitu ternyata. Dulu dari Jakarta mau ke Bandung mau lewat Jonggol nggak jadi, akhirnya lewat Puncak 😀

========

Harga KTM Duke 200 Anjlok Jadi Rp 51 Juta Saja! http://klxadventure.com/2014/12/07/harga-ktm-duke-200-anjlok-jadi-rp-51-juta-saja/

pey - 8 Desember 2014

Betul ombro.. Wah jauh juga nih klx adventurenya

6. adityaprad - 8 Desember 2014

Jungle=alas

pey - 8 Desember 2014

Ales ya maksutnya?? Leuweung mun di dieu mah 😀

7. yusufblog23 - 8 Desember 2014
pey - 8 Desember 2014

Cari aja sendiri wkwkwkwk

yusufblog23 - 8 Desember 2014

Wakakakaka

8. FЭЯƔ - 8 Desember 2014

jadi oge ieu postingan jonggol ngoahahahahahahaa XD

pey - 8 Desember 2014

Ngumpulkeun data na lila

9. setia1heri - 8 Desember 2014
pey - 8 Desember 2014

Siap grak

10. Kobayogas - 8 Desember 2014

wakwak? apa wakwaw? wah mantap pisan artikel jonggolnya, lengkap euy…

pey - 8 Desember 2014

Makasih suhu.. Kapan atuh ke jonggol? Kasian itu anak nyariin 😀

11. dewitya - 8 Desember 2014

hihihi lagi booming banget nih jonggol hahaha

pey - 8 Desember 2014

Keknya org jonggol nih.. Munaroh yak? Wkwkwk

12. Mase - 8 Desember 2014
pey - 8 Desember 2014

Saking susisnya #eh

13. CuPcAkE - 9 Desember 2014

LOL jonggol dari jungle
🙂

pey - 9 Desember 2014

Katanya gitu, tpi gak juga asline

14. orong-orong - 9 Desember 2014
pey - 9 Desember 2014

Ocid donk saya wkwkwkwkw… Si ocid prasaan org jakarda om 😀

15. Rumah Pontianak - 9 Desember 2014

Mantap Sekali om, sungguh menginspirasi, kami siap tunggu ulasan selanjutnya ?

pey - 9 Desember 2014

Ok masbro ini jg insaaloh dilanjutkan. Sering2 mampir aja. ada kok crita2 lain dr bogor

16. sopyan. s - 30 Desember 2014

Bos di MAN lulus tahun berapa?

pey - 30 Desember 2014

Sopyan mana nih? Jgn2 mantan ketua osis hehehe

17. officemart citraindah - 14 Januari 2015

termasuk saya mampir ke mari karena sedang mencari potensi jonggol. kebetulan sdh buka toko atk di jonggol tepatnya di perumahan citra indah.

salam

pey - 14 Januari 2015

Salam,

Black_Viper - 7 Mei 2015

Officemart lumayan lengkap, saya pernah beli papan tulis disitu dan anak saya betah disitu ampe ga mau pulang karena ada anak bpk/ibu 😀

18. Black_Viper - 7 Mei 2015

Dan perum citra indah yg harga rmhnya sudah ada yg diatas 1M

19. Black_Viper - 7 Mei 2015

btw pabrik minervanya belah mana sih? nyari di google maps ga ketemu

peysblog - 9 Mei 2015

arah cibubur om

20. Kopdar Akbar D’Gujubar… Ayo Ikutan!!! | PEYSBLOG - 3 Agustus 2015

[…] Jonggol namanya. Pernah saya angkat pada artikel ini.. Saking mitosnya, Jungle atau Jonggol mungkin tidak ada di GPS 😀 Maka bagi kawans yang dari […]

21. Tiper…. Kendaraan Sisa Perang Yang Masih Beroperasi Hingga Kini | PEYSBLOG - 19 Agustus 2015

[…] Jonggol, Dari Calon Ibukota sampai Pabrik Minerva dan Rumah Si Wakwak… Ini Faktanya […]

22. arh thea - 19 Agustus 2015

wakwaw… Ħèëé=D˚•‧::‧• ​​˚ћèé=D˚•‧::‧•​​​˚Ħèëé=D

peysblog - 20 Agustus 2015

papamana

23. Melepas Penat Dengan NatuRace Ala TT Isle Of Man… Motor Sehat Otakpun Sehat | PEYSBLOG - 7 September 2015

[…] Jonggol.. Dari calon ibukota, domisili pabrik minerva, sampai rumah si Wakwak. Ini faktanya […]

24. 123 - 20 November 2015

haha saya lahir dijonggol besar dijonggol dn sekarang masih dijonggol baru tau saya kalo jonggol cuma punya 1 pasar, entah 2 pasar yg lain itu apa namanya.. dn jembatan itu saya kira punya sukamakmur toh baru tau kalo itu punya jonggol.. jonggol sukamakmur beda lohh

peysblog - 21 November 2015

Hehehehe ada orang jonggol asli nih.
Untuk pasar kenapa saya sebut 1? Bukannya itu pasar lama yg kemudian pindah ke pasar baru? yang resmi 1 lah sisanya ruko2 perorangan kan? Terus satu lagi mungkin maksud si teteh pasar cau/pasar kebo, saya ngambil secara umum pasar itu yang segala ada gak spesifik pasar cau atau pasar kebo karena bandingannya tadi itu pusat perbelanjaan modern.

untuk jembatan silakan si teteh kunjungi desa sukanagara dan tanyakan itu wilayah mana, salah satu jembatan menghubungkan dua kecamatan sementara yang satunya lagi itu asli wilayah jonggol. Sukamakmur dan jonggol jelas beda, sampai tahun 99 masih belum pemekaran secara utuh tapi masih pake istilah kecamatan perwakilan. CMIIW

25. Irsyad - 24 Juli 2016

Mantap nih! Saya disuruh dosen buat penelitian ttg penambangan pasir di Jonggol, heheu..

26. Sunmori Ke Puncak Dua? Fatal Kalau Tidak Kenal Hal Ini | PEYSBLOG - 29 April 2017

[…] pulang alias dari Pinus ke Jonggol didominasi oleh turunan tajam, banyak motor matic yang terjun bebas ke jurang. Hal ini diakibatkan […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: