Iklan
jump to navigation

Analisis Desain Repsol Honda Dari Masa Ke Masa 9 Desember 2014

Posted by peysblog in Design, PADAAW.
Tags: , , , , , ,
trackback

Sampurasun…

PEY – Tak dipungkiri lagi, kontaminasi striping/decal Repsol pada motor Honda jelas mempengaruhi daya jualnya. Motor yang diklaim sebagai motor kuenceng andalan di setiap lini memiliki livery tersebut. Sebut saja CBR untuk kelas sport fairing, CBSF untuk kelas naked dan Blade untuk bebek… Bahkan menurut bocoran kemungkinan besar CS-1 dan Vario 150 pun akan demikian.. Kita lihat nanti.

Mari kita sedikit flashback ke livery Repsol dari awal mula kemunculannya beserta penjelasan beberapa ubahan yang terjadi pada NSR maupun RCV Tim MotoGP ini

1995

1995

NSR 1995 Mike Doohan, bermesin 2Tak dengan kapasitas 500cc. Warna kolaborasi yakni biru orange putih. Beda dengan edisi repsol saat ini

1996

1996

NSR 1996 Mike Doohan, bentuk masih sama persis, namun lubang udara pada undercrowl terlihat lebih besar.

1997

1997

NSR 1997 Mike Doohan, Sama persis dengan edisi sebelumnya. Hanya penambahan sticker pada bagian knalpot

1998

1998

NSR 1998 Mike Doohan, perubahan terlihat pada bagian spatbord kolong yang lebih pendek serta knalpot yang kini juga lebih pendek, selain itu sticker promotor GAS terlihat sudah menempel menggantikan Benetton.

1999

1999

NSR 1999 Mike Doohan. Jelas terlihat perbedaannya, di sinilah tanki berwarna orange dimulai. Dengan garis putih mengikuti alur repsol dari bagian fairing.

2000

2000

NSR 2000 Lex Crivill. Pada edisi 2000, pernah Repsol YPF sebagai sponsor utamanya. Dan meski memiliki no.1 namun NSR ini ditunggangi Lex Crivill.

2001

2001

NSR 2001 Lex Crivill, Masih sama persis dengan edisi tahun sebelumnya hanya emblem Honda kini disematkan di atas merk motor.

2002

2002

RCV 2002 Valentino Rossi, di tahun inilah perubahan total terjadi mengingat regulasi motoGP yang tadinya 2Tak menjadi 4Tak 990cc… Yang paling mencolok adalah gambar sayap yang menghiasi tanki dan velg yang dilabur hitam.

2003

2003

RCV 2003 Valentino Rossi, Warna biru yang tadinya lebih mendominasi bagian fairing dan buritan kini diubah menjadi warna hitam dan hilangnya sticker di knalpot, namun velg kembali ke warna aslanya yaitu orange

2004

2004

RCV 2004 Alex Baros. Desain knalpot berubah total

2005

2005

RCV 2005 Max Biaggi. Kelahiran PS2 mulai merambah dunia motoGP sehingga menjadi sponsor yang terlihat di fairing depan.

2006

2006

RCV 2006 Nicky Hayden. Persis dengan edisi sebelumnya

2007

2007

RCV 2007 Nicky Hayden Tak hanya bagian luar yakni fairing dan buritan serta spatbord kolong yang seirama dengan warna RCV, tapi mesinpun berubah dari 990cc dipangkas menjadi 800cc

2008

2008

RCV 2008 Dani Pedrosa. Desain motor berubah total hanya grafis yang masih sama dengan edisi 2007 dan bergantinya penggunaan ban dari Michellin ke Bridgeston, ini terlihat pada sticker Bridgeston di beberapa bagian.

2009

2009

RCV 2009 Dani Pedrosa. Masih persis dengan edisi 2008, hanya sticker bridgeston kini berpindah ke swingarm.

2010

2010

RCV 2010 Dani Pedrosa. Sepertinya sama padahal jika kita perhatikan perubahannya cukup banyak, yakni pada velg, fairing, knalpot, cakram dan bahkan frame dan swingarmnya.

2011

2011

RCV 2011 Casey Stoner. Inilah yang patut dibanggakan Indonesia, sebab AHM sudah mampu menjadi sponsor MotoGP dan terlihat jelas OneHeart atau SatuHati menghiasi RCV. Pada edisi ini spatbord kolong berbalut warna hitam, selain itu desain knalpot juga berubah.

2012

2012

RCV 2012 Casey Stoner. Masih persis dengan edisi sebelumnya hanya saptbord yang kini berbalut warna senada yakni orange putih merah. Regulasi mesin menjadi 1000cc

2013

2013

RCV 2013 Marc Marquez. Perubahan total pada desain motor kembali terjadi, ketika tulisan repsol yang pada mulanya tarikan menurun kini diagonal menanjak. Juga warna putih yang makin mendominasi. Lambang sayap kini berpindah dari tanki ke body belakang…

Demikian analisis desain versi visual yang bisa saya hadirkan untuk saat ini, Mohon dikoreksi.

Semoga berguna…

Salam dari Gunung

Iklan

Komentar»

1. Motorcycle Fun Blog - 9 Desember 2014

dulu itamnya banyak..sekarang diganti putih….padahal garang item loh

peysblog - 9 Desember 2014

Hooh favorit sayah itu nu 2002

KLX Adventure - 9 Desember 2014

Iya hitam lebih sangar

========

WK Trail 125, Motor Dual Sport Keren Buatan Taiwan http://klxadventure.com/2014/12/09/wk-trail-125-motor-dual-sport-keren-buatan-taiwan/

2. orong-orong - 9 Desember 2014
peysblog - 9 Desember 2014

Saya suka yang 2002

orong-orong - 9 Desember 2014

beli om

peysblog - 9 Desember 2014

😦 ora ono.. duite oraaaa mongstor ora

orong-orong - 9 Desember 2014

bikin sket aja lalu templokin di motor

3. Ferboes.com - 9 Desember 2014

Gak ngebosenin nih livery repsol

Ada Yang Mati di Kontes Arwana 2014 WTC Mangga Dua – http://wp.me/p3RQvE-392

pey - 9 Desember 2014

Justru krna livery yg tetap jd melegenda. Coba yamaha pake fiat trs, juosss deh

4. Rio - 9 Desember 2014
pey - 9 Desember 2014

Mantap ya om. Juos 2002

5. shohabat - 9 Desember 2014

2014 mana?

pey - 9 Desember 2014

2014 motor ama pnunggangnya masih sama bro.

6. wtf170 - 9 Desember 2014

tahun 2000 pnya alex criville bro….mich doohan dah pensiun akibat kecelakaan…..
pke no 1 krn tahun sebelumny(1999)dia juara….
alex cm semusim pake no 1…krn d tahun 2000 yg juara dunia kenny robert jr dgn Suzuki

peysblog - 10 Desember 2014

Wah nuhun mas bro.. Untung dikasi tau soale aneh kok motornya no1, ya sy anggp aja punya mike doohan..

7. chakim92 - 10 Desember 2014

Bentuknya makin rapi ya..

peysblog - 10 Desember 2014

makin beraturan tp lebih sangar yg jadul IMHO

8. pay - 11 Desember 2014

knp yg taun 2007 buntutnya pendek sendiri? kaya mv agusta dragster, hehe..

peysblog - 13 Desember 2014

itu desain awal waktu RCV jd 800cc

9. 3 Nmax Special Livery motoGP Laguna Seca… | PEYSBLOG - 23 Februari 2015

[…] Liveri Repsol sepanjang waktu beserta analisa grafisnya […]

10. CS-1 V.03 Repsol Edition… Garis Bodynya Memang Pas Dengan Kombinasi Repsol | PEYSBLOG - 10 Maret 2015

[…] Menyisir desain Repsol Honda dari masa ke masa […]

11. Kontroversi Desain MT-25… Antara Filosofi Dan Paradigma | PEYSBLOG - 6 Juni 2015

[…] Repsol Honda dari masa ke masa […]

12. Yamaha Bakal Hadirkan Motor Bergelar “Faster Son” Jelang Akhir Tahun | PEYSBLOG - 10 Agustus 2015

[…] Repsol Honda dari masa ke masa […]

13. Review Fisik Honda BR-V Both Revolutionary Vehicle Yang Mengejutkan!!! | PEYSBLOG - 30 Agustus 2015

[…] Menyisir tiap sudut semua Repsol Honda sepanjang masa […]

14. Paduan Warna Dan Livery Eksklusif Vario 125 / 150. Buanyak ada 14 Nih | PEYSBLOG - 3 September 2015

[…] Repsol Honda dari masa ke masa […]

15. Legenda dan Realita RWB, Warna Sakral Khas Honda Yang Terlupakan | PEYSBLOG - 15 Februari 2017

[…] digandrungi dan kemudian diresmikan. Perjalanannya mirip dengan legenda livery Repsol. (Baca lagi desain repsol dari masa ke masa) Seiring berjalannya waktu tim Repsol Honda makin menguasai ajang MotoGP. Sehingga generasi saat […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: