Iklan
jump to navigation

Melihat Persoalan Kemiripan Desain New CBSF VS NVA dan Sonic VS Satria Dari Sudut Pandang Hukum Dan Logika 6 Juli 2015

Posted by peysblog in Design, PADAAW, Ulasan Desain.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Sampurasun…

perang headlamp

PEY – Munculnya All New CB150R yang “katanya” mirip NVA dan P200NS, serta Sonic 150R yang lagi-lagi “katanya” mirip Satria F menimbulkan pro kontra padahal sudah pernah saya komparasikan antara Sonic VS Satria FU ini beberapa hari lalu. Apakah ini bukti bahwa Hak Paten dan Hak Cipta sebuah desain tak lagi diperhatikan? Yuk kita bahas dengan logis dan sedikit menyinggung hukum. Kemarin ada permintaan penuh emosi untuk membahas ini, jadi bacalah selengkapnya. Tarik maaaaaaaaaaangs.

Di satu kutub ada opini :

“Akhhh… CB150R nyontek Vixion, tengah sampe depan mirip Pulsar 200NS”

Sementara di kutub lainnya ada opini sekaligus jawaban :

“Lha buritan Vixion itu nyontek CB1000, terus Pulsar 200NS nyontek tengah sampe depannya, siapa yang nyontek duluan kalo kejadiannya begini ?”

Itulah 2 opini yang paling ramai saat ini, nanti akan terjawab yang penting tenang dan baca dulu karena sebenarnya tidak akan ada habisnya jika kita berbicara contek mencontek atau menuduh 1 pabrikan menjiplak desain pabrikan lain. Apakah persoalan ini bersifat pelanggaran Hak Cipta dan Hak Paten?

Supaya lebih mudah saya contohkan pada bidang musik terlebih dahulu yang dirasa lebih logis.

“Seperti halnya nada yang hanya terdiri dari 7 notasi yang selebihnya hanya berbeda oktav, namun dari ketujuh nada tersebut bisa menghasilkan jutaan lagu yang berbeda pula, artinya bisa saja antara 1 lagu dan lagu lain memiliki kesamaan alur nada dalam beberapa bait, mengikuti keinginan pencipta lagunya yang biasanya didasari 3 faktor yaitu inspirasi (kejadian/imajinasi/permintaan), gaya (khas penciptanya), dan referensi music (trend/sumber), yang jelas tidak mungkin 1 lagu dengan lagu lain sama persis. Begitupun dalam hal desain otomotif, bisa saja pada beberapa detail memiliki kesamaan namun tidak mungkin kesamaan itu bisa didapati pada bentuknya secara keseluruhan (kecuali produk kloning). Sekarang tinggal alihkan saja 3 faktor logis tadi ke dalam kejadian saat ini.

  1. Inspirasi = Bisa saja inspirasi bentuk produk motor berasal dari permintaan atau imajinasi sang desainer selain itu ada juga inovasi seiring perkembangan zaman. CB150R berubah total karena itulah yang diminta konsumen saat ini. Begitupun saat desain NVA dibangun.
  2. Gaya = Ingatlah bahwa klan motor / pabrikan memiliki kekhasan masing-masing. Contoh Suzuki dengan lampu yang selalu berbentuk tapak reptil. Begitupun shape lampu motor sport Honda
  3. Referensi = Ada unit yang menjadi contoh dalam pembuatannya untuk megikuti trend atau bersifat khas merk/klan tadi. Begitupun yang terjadi dengan desain buritan NVA dan lampu New CB. Atau bahkan Sonic yang mirip Satria

So, menurut saya seperti itulah kejadiannya saat ini.

Kenapa harus bidang music? Karena itulah contoh paling logis yang bisa saya ambil karena urusan desain otomotif merupakan bagian dari Hak Desain Industri dan Hak Merek yang sulit untuk kita akses. Jadi kesimpulannya berbagai Hak yang disebutkan tadi (Paten/Cipta/Desain Industri/Merek) adalah bagian dari Hak Kekayaan Intelektual yang kompleks dan mempunyai masa, otorisasi dan yusrisdiksi tertentu. Berbicara undang-undang tentunya tak semudah berkoar di kolom komentar atau sesimple mengetik artikel. Semuanya memiliki keterkaitan yang pada akhirnya menjadi runyam dan malah bingung sendiri.

Setelah manggut-manggut, mungkin akan ada opini :

“Di indonesia mah Vixion duluan coy…!!! Ia sih, tapi kan di Indonesia juga ada otorisasi Honda Jepang dengan pemegang hak AHM jadi Yurisdiksinya tetap berlaku

Vixion dan P200NS jiplak CB1000R duluan mang…!!! Bisa jadi tapi sebutannya bukan jiplak (clon), setiap produk ada referensi

“Kenapa gak dari dulu CBSF jadi begini kalau memang khas klan CB1000R? Honda mah emang budeg, kudu ditabok dulu” Hooh, tapi ingat Hak Kekayaan Intelektual ada masa dan otorisasinya, YIMM punya atasan begitupun AHM.

“Musik juga banyak yang jiplak nadanya masbro, motor juga donks?” Tulll banget, ini malah berkaitan dengan hukum lain yakni legalitas/perijinan buktinya tuh mocin aja ada yang kloning secara legal.

Sudah jelas kan kenapa pabrikan H dan Y tetap tenang, ini kok fansboi nya yang rame banget? Indonesia udah merdeka bro, seperti ini sih penjajahan psikologis, Devide et Impera versi Jepang dalam PD III 😀

This is my opinion. Selanjutnya saya ajak bapak-bapak/ibu-ibu yang tahu seputar soal desain otomotif untuk berbagi dan beropini di kolom komentar tentunya dengan dasar ilmu atau logika atau dengan UU-nya sekalian tanpa harus menyerang produk atau seseorang…. Okehhh? sok mangga!!!

Semoga jleb… Salam dari Gunung

Iklan

Komentar»

1. Kobayogas - 6 Juli 2015
peysblog - 6 Juli 2015

Begitulah kalau mulai kebakaran wkwkwkwk

2. Hanagan - 6 Juli 2015

Pede amat vixion ngikutin CB1000000R, akal2an mang jejen FBH sakit aja tuh hahaha 😀

Yang pekok itu AHM, malah ngekor tetangga, kaga cari inspirasi di moge nya .

Coba kalau ga di gampar yamaha? Bisa2 megapro dan tiger kaga bakal di tewasin sm AHM

U see tiger dan Megapro di matikan karena di anggap merusak nama baik AHM dengan desainnya.

Maka dari itu insyaf nya AHM berlandaskan kompetitor bukan karena inspirasi desain moge nya

Trust me it works! :mrgreen:

peysblog - 6 Juli 2015

opini diterima, bisa jadi…

bdt - 6 Juli 2015

ngak juga sih om,

pada waktu itu ancaman MS shm tergerus dari matic,

makanya ahm folus ke matic dulu, dan langsung dgn gen 2 langsung dgn desing yg futuristis.

kondisi sekarang, ahm rada santai dgn matic,

sekarang fokus ke sport, plant 4 dah hampir jadi,

makanya desing sekarang agak berubah,

dulu saya pernah bilang”

sabar aja, tutup tanki candi mendut juga akan di ganti rata

dan pada cbr 150 akan dipake, ternyata bener, dan sekarang dah terkabul juga khan?

cuma masalah project planner aja om,

mana yg urgent, mana yg tdk,

ahm sekelompok org yg terstruktur rapih

Hanagan - 6 Juli 2015

Udah akui saja om bdt perubahan AHM karena Yamahe

Be gentle why not, not fansboy like u om bdt 😀

3. paperiders - 6 Juli 2015

Dalam dunia desain kuliahan DKV (seingat ane) dikatakan menjiplak jika lebih dari 70% sama, itu baru mencontek dan bisa di perkarakan. Kalo hanya mirip-mirip saja ya no problem :mrgreen:

peysblog - 6 Juli 2015

oke sip.. tambahan ilmu

4. BsB - 6 Juli 2015

manggut-manggut..,

5. warungasep - 6 Juli 2015

AHM jiplak? ah udah biasa… lege(tomcat) aja dijiplak(tuh buntut K45) 😀 piss mang ulah diajak debat, ampun urang mah teu pinter wkwkwkw

http://warungasep.net/2015/07/06/spyshots-honda-sonic-150r-warna-biru/

peysblog - 6 Juli 2015

Opini diterima.. sip

6. SletingDoll - 6 Juli 2015

Kl gw bicara contek mencontek tdk prnh membawa² soal hukum,gw dan mungkin para fbh cuma membalikkan mulut ember FBY yg sll berkoar produk H nyontek produk Y,..
Ga salah dong kl akhirnya banyak pihak yg membalikkan omongan fby??
Dan tujuan gw balikin omongan fby supaya fby mikir dan pake otak kl mau mem BC produk H..
Sonic150 di bilang niru satria fu,itu bukti fby asal njeplak mulutnya,..sblm ada fu bkn nya sdh ada sonic125 yg mana desain jg mirip sama fu?
Soal hukum? Jelas itu tdk melanggar selama desain ga sama plek…

peysblog - 6 Juli 2015

Opini diterima.. sip

7. Asep Juga - 6 Juli 2015

Sebenarnya semua motor yg diperdebatkan tidak ada yg mirip, kecuali bannya yg sama sama bundar…….

peysblog - 6 Juli 2015

kadang2 merknya sama IRC roadwinner 😀

8. RS84 - 6 Juli 2015

Fof yg bilang mirip produk atu dgn yg lain itu apa sih?..yg duluan keluar,plg laku atau skdar bntuk skit hati krna fans berat dgn satu brand?
afaik kmbli kpd mslh musik di atas,n ex lain sy ambil alat musik gitar n bass,pakem design pasti dah pda tau.ada neck,headstock,body,fret,bridge etc,tp apa yg membedakan?tampilan dan kemasan…merk ibz pnya tmpilan neck n body like that merk fndr like this,mirip yes,but apakah sma?,nope but both work exactly the same..apakah dblg slg meniru,maybe but i lbh prefer slg menginspirasi each other,remember when honda came with ssg and yamaha inspired to make it too,but in different approach.
btt tntg mtor ya pakem design ya dr zaman flinstone agaknya gtu2 aja,ada ban bulat,stang,mesin,ada jok,etc tah tar dah ktmu floating bike someday.
nah back new cb150r,i think inspired by vixion maybe yes,but apakah salah,afaik no…gak mgkn jg para engineer honda pd gak pnya ide sndiri,same like mio m3,inspired maybe by beat,tp apa yg membedakan ya yg di atas tampilan dan kemasan.
gak kebayang kalo design hp yg pakemnya layar petak pada slg protest,what a stupid thing to argue..n gak kbyg kalo honda or yamaha keluarin mtor dgn ban kubus,stang bulat,lampu petromak,rem karet,mesin potong rumput,knalpot di jok,jok di stang,tangki di ban,velg dri kayu,speedo dikiri mesin,spion dkat lmpu rem,rem di spakbor,you know what you can name it all other stupid things.
intinya semua ada pakem or blueprint design,but sperti artikel,yg salah itu mengklon total,tp isi dan kualitas beda…macam hp kw.
pjg jg euy,just littlebit suntuk dgn para fb yg ntar kadar pendidikanya smpe dmana,come on guys move on kta smua jg sbg konsumen yg untung kok…peace.

ashes - 6 Juli 2015

Damn, I like your long ideas. wkwkwk. FB ga akan pernah ngerti apa yg anda bilang om. Yg mereka tau cuma Merk, Merk, dan Merk. tapi Saya suka opini anda. hahaha. really like this as I’d love to f*ck. 😀

peysblog - 6 Juli 2015

wkwkwkwk so do i

9. donimagie - 6 Juli 2015

inget dulu, mo beli motor sport bingung, modelnya cuman itu
di kawasaki cuman ada ninja–coret 2 tak
di honda cuman ada tiger–coret kegedean cc dan mihil bingit–ada megapro–jadi kelihatan tuwa gw
yamaha sebelumnya ada scorpio–coret gara2 sering lihat motornya jadi pendek—- alhamdulilah yamaha mengeluarkan motor 150cc 4 tak berdesain ciamik anak muda berharga murah meriah.,,cocok!

jadi klo ga ada Yamaha ya mungkin permotoran sekrang cuman ada honda yang setia dengan mesin turunan GL berdesain bapak-bapak.

10. blade-in - 6 Juli 2015

Sepertinya memang TERINSPIRASI dari desain moge ini

11. blade-in - 6 Juli 2015

Gak salah kan kalau hasilnya bisa lebih dekat ke yg ini…. ( ah … bisa aja yang ini terinspirasi dari cb1000rr,kan…!!!?)

12. bdt - 6 Juli 2015

dalam dunia design, baek arsitek, design model dll

ambil inspirasi dari sana-sini sah saja,

yg penting ada perbedaan,

fb aja yg ngomong jiplak, takut dagangannya ngak laku

13. bdt - 6 Juli 2015

bisa dikataken mencontek jika ,

design model yg sudah didafterken patennya,

di reka ulang oleh pihak laen, tanpa perubahan,

selama tdk didafterken hak paten model deisgnnya

sah-sah saja jadi inpirasi pihak laen

peysblog - 6 Juli 2015

nah itu dia yg jd pertanyaan.. kita kan gk tau sejauh mana hak paten urusan motor, ya kan?

Hanagan - 6 Juli 2015

Lalu kenapa FBH jor joran bilang vixion ngikutin CB? SEOLAH2 lupa kalau pabrikan sembahannya yg sering ngikutin model mtor pabrikan sebelah

Plis deh netral dikit fbh lovers 😀

zzz - 13 Juli 2015

sik ngeyel hahahaha

14. premann,bersendaljepit - 7 Juli 2015

saya suka bgian ini, “seperti ini sih penjajahan psikologis, Devide et Impera versi Jepang dalam PD III ” ya setuju bgt makanya negara kita kl mau bikin prodak otomotif sndiri sllu bnyk yg ingin menggagalkan,cntoh esemka,timor dll,jepang ketakutan krn pasar mereka itu di otomotif kuat bgt terutama di asia,bisa miskin jepang kl prodak mereka tdk bs lg berkuasa sprti skrg,dan indonesia merupakan pangsa utama terbesar mereka,bs saja prodak eropa lbh laku asal dimurahkan tp tdk mungkin krn beda mutu eropa brand yg jauh di atas jepang, nah kmbali ke tema kita dijajah jepang dgn cara yg lbh halus sm kek cina di negara kita,kl jepang mmng sprti ad main mata antar pabrikan mereka spya bs sama2 makan,strategi aj pura2 perang tp saling ngisi lahan bagi2 jatah,ini yg bikin Geram,,mknya desain mirip2 sprti di diemkan,kliatan mmng ad perjanjian,beda dgn prodak italia/eropa mereka jor2an umbar desain,tekno,perang2an tp tdk ad kliatan ngekor/jiplak comot2 desain,lbh kluar kreasinya lbh bebas dan mmng harga prodak eropa lbh mahal di atas jepang krn scra desain/mutu,hitech mmng wajar, liat aprillia,ducati,mv agusta,piaggio mereka desain sllu new look hitech from the other space dan kliatan saling perang terbuka,sm kek ferrari,lambo,pagani kliatan beda2 dan saling adu perang, jd konsumen tgl pilih fanatik dan duit cocok ke merk apa ini baru ad kepuasan

peysblog - 7 Juli 2015

Sebenarnya ungkapan itu hanya iseng saya aja biar para fb agak nyadar…

15. cihuii - 8 Juli 2015

masih ingat tagline Satria?
” Loe boleh start dluan,
tapi Gue finish duluan 😀

krban iklan

16. 5 Inovasi Yang Membuat Satria F Layak Dijunjung Tinggi Oleh Semua Orang, Bahkan Oleh Pengguna Yamaha Dan Honda Sekalipun | PEYSBLOG - 9 Juli 2015

[…] Ini bukanlah berbicara siapa yang duluan dan siapa yang nyontek, sama sekali bukan. Gak bakal habis …. Hanya keheranan dan salut dengan Suzuki era milenium, benar-benar mampu memberikan inovasi yang sanggup bertahan selama 1 dekade, Desain FU yang tidak banyak berubah dari generasi awal, masih sangat ciamik dan dapat diterima akal sehat hingga saat ini. Sayangnya kelebihan itu membuat Suzuki terbuai indah sampai ketiduran, hingga akirnya Sonic mengancam dan kemungkinan besar bisa mengejar lalu menggerogoti tulang punggungnya. Tulang punggung keropos bisa stroke itu, 😀 Mestinya Suzuki segera bertindak dan kembali memberikan inovasi untuk mampu bertahan di 1 dekade ke depan dan mau mendengarkan aspirasi rakyatnya. Semoga artikel ini bukan untuk mengenang masa kejayaan Satria F meski Sonic memang menawarkan lebih dari 5 hal di atas hehehe…. #savesuzuki […]

17. hadi - 9 Juli 2015

makanya lebh enk klo emg suka sbg konsumen ya bilang suka aj(klo ad duit ya beli)…klo gak ya gak prlu bela2 mpe BC sebelah…ojo gampang kena adu domba lahhhh…ojo nuruni kelakuan mbah2 nenek moyang kita dri dulu yg “jelek”(mudah d adu domba) ma penjajah dri europe mo pun asia dulu…come onnn sbg generasi muda oj ngulangi kesalahan pendahulu kita klo gak mau d jajah dg metode baru era milenium gini yg salah satu alat e lewt dumay dg gejala fanboy2 an…mreka ntu kan gak jauh dri cma sales pabrikan dn murni konsumen yg mudah d adu domba yg kemungkinan psikis nya kdu d priksa ma psikiater krn senang membuly d dumay(ad sedikit kelainan jiwa) wakakkakakk….so simple kok…gtu aj repot klo kata Gus Dur ahahhahaha

18. hadi - 9 Juli 2015

kelewatan atu…para blogger yg kadang/pun sering terkesan keberpihakannya ke salah satu pemegang merek…dn malah mengompori gejala fanboy2 an…kudu lebh tertib lo bwt artikel/ulasan…ya walaupun akn terkesan hambar klo gak d kasih bumbu ngomporinya…hahaha…intinya smua yg d lakukan prlu tanggung jawab moral…krn semua hal ntu psti ad efek nya…sya gak mo suudzon sebut mreka sbg blogger ternakan…krn gak prlu kita menjudge…toh mreka mungkin sadar dg tanggung jawab moral tsb…just enjoy your life

19. tempe - 13 Juli 2015

BLADE plagiat JUPITER, apa jupiter niru moge honda?

20. tempe - 13 Juli 2015

saya kira design AHM yg murni cuma neng verza, dan fbh suka :mrgreen:

21. Menjadi GoJek Itu Syaratnya Mudah Dengan Penghasilan Harian Mencapai Rp. 800.000? | PEYSBLOG - 12 Agustus 2015

[…] Melihat kontroversi kemiripan desain motor dari sudut pandang hukum dan logika […]

22. Review Fisik Honda BR-V Both Revolutionary Vehicle Yang Mengejutkan!!! | PEYSBLOG - 30 Agustus 2015

[…] Melihat kemiripan desain dari sudut hukum dan logika […]

23. Paduan Warna Dan Livery Eksklusif Vario 125 / 150. Buanyak ada 14 Nih | PEYSBLOG - 3 September 2015

[…] Melihat kemiripan desain dari mata hukum dan logika […]

24. Menerawang Bentuk Lampu Satria 150 FI… Ternyata Keren Euy | PEYSBLOG - 17 September 2015

[…] Melihat kemiripan motor dari sudut pandang hukum dan logika […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: