Iklan
jump to navigation

Tiper…. Kendaraan Sisa Perang Yang Masih Beroperasi Hingga Kini 19 Agustus 2015

Posted by peysblog in Cerita Dari Bogor, Special Event.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

Sampurasun….

PEY – Sejarah adalah jejak yang tak boleh dilupakan meski kemerdekaan Indonesia kini telah berusia 70 Tahun. Banyak hal bisa dilakukan untuk mengenang sejarah, baik itu dengan membaca kisah-kisah patriotik maupun mengunjungi museum.Namun ada satu hal yang luput dari ekspose publik di mana harta karun warisan VOC berupa kendaraan tangguh luarrrr biasa ternyata masih beroperasi hingga kini.

tiper

Ialah sebuah truk bermesin Toyota (entah tipenya apa) yang jelas masyarakat di sekitar Desa Sukajaya dan Sukanagara Kec. Jonggol menyebutnya Tiper alias Titipan Perang. Menurut salah seorang warga yang sempat saya wawancarai 😀 masih ada sekitar 18 unit truk yang beroperasi meski hanya mengangkut batu dari kali cipamingkis menuju lokasi pengumpulan namun truk ini tergolong sangat perkasa di usianya yang hampir satu abad (atau bisa saja lebih). Truk ini sangat tradisional terbukti tidak ada electrick starter melainkan harus “diengkol” seperti mesin diesel traktor, herannya lagi part mesin bisa substitusi dengan truk-truk modern dan beberapa bagian lain dengan part Toyota Kijang.

Di masa kejayaannya dulu, warga menyebutnya Truk Bregeded ucapan lain atas kata Barikade. Karena kita tahu bahwa pada masa penjajahan Belanda banyak daerah terpencil menjadi sasaran empuk bagi “bisnis” Kompeni / VOC. Mengangkut pasukan Belanda atau hasil bumi mungkin itulah fungsinya di masa itu. Namun di tengah perjalanan Perang Dunia II Jepang mengambil alih dan tak lama kemudian bom atom Hiroshima dan Nagasaki meletus sehingga Jepang kalangkabut meninggalkan banyak kendaraan warisan VOC itu. Satu benda yang bisa warga gunakan untuk sekedar akomodasi. Dan tanpa disangka sang Tiper mampu bertahan hingga era milenium 3.

Silakan disimak aksinya di jalan, tadi siang saya sempat berpapasan dan saling menatap mesra 😀

Agak memusingkan juga sih, truk berukuran lebar sementara posisi stir di sebelah kiri. Mau nyalip mikirnya harus berkali-kali, belum lagi jalanan yang banyak blindspot. Sebagai orang yang suka wara wiri saya baru menemukan truk seperti ini di 2 lokasi di Bogor yaitu Jonggol dan Hambalang dan 1 di Bandung tepatnya di daerah Citatah.

Nahhh, dari bertahannya tiper ini membuktikan bahwa teknologi jadul atau bisa saja material kendaraan dari masa lalu selalu memiliki durabilitas yang lebih baik dibanding sekarang. Jawaban singkatnya adalah PERUSAHAAN ASING NUMPANG JUALAN, KENDARAAN AWET MAKA PERUSAHAAN RUGI, MATERIAL LOKAL MERKNYA ASING, ya sama saja intinya kita masih dijajah dengan konsep yang berbeda.

Demikian…Monggo dikomentarin / dikoreksi / ditambahkan 😀

Semoga berguna dan Salam dari Gunung

Baca juga cerita lainnya

Iklan

Komentar»

1. Mas Sayur - 19 Agustus 2015

Seangkatan sama Toyota Buaya itu ya. ?

Mas Sayur - 19 Agustus 2015
peysblog - 19 Agustus 2015

Mungkin sama mas.. beda sebutan aja 😀

2. FЭЯY - 19 Agustus 2015

truk ieu hampir di begal ku mbah cadox’s 😆

peysblog - 19 Agustus 2015

hohohoho

3. Indomoto - 19 Agustus 2015

Ada yg dijual gak om?

peysblog - 19 Agustus 2015

Haishhhh

4. Mr. Uip - 19 Agustus 2015

Top speednya berapa ya 🙂

peysblog - 19 Agustus 2015

nyampe 200 cm/h wkwkwk

5. Alki Rahmatullah - 19 Agustus 2015

Kemarin kayaknya lihat nih…

peysblog - 19 Agustus 2015

pastiii. masih banyak soale

6. cadoxs - 19 Agustus 2015

Nih simpangan yg bikin saya separoh keluar jalur 😁

peysblog - 19 Agustus 2015

itumah dkt sawah mbah

7. arh thea - 19 Agustus 2015

joss.. 😀

8. warungasep - 20 Agustus 2015

waktu di mobil si mbah Cadoxs bilang “Heran dari kemaren mobil kyk gitu byk bgt, masih idup lagi…” wkwkwkw

9. SANSINNO.COM - 20 Agustus 2015

setdah…mobil jaman penjajahan…hehe di sukabumi masih ada dipake buat gangkut batu kapur…

peysblog - 21 Agustus 2015

aya dimana tah?

SANSINNO.COM - 21 Agustus 2015

di daerah ka palabuhan masih aya..gunung kapur

peysblog - 21 Agustus 2015

pasti di gunung kos saya ahahaha

SANSINNO.COM - 21 Agustus 2015

iyah mang di gunung…

10. viewie white blog's - 20 Agustus 2015

mesin jadul berarti tangguh luar binasa..

11. serigala77 - 21 Agustus 2015

Edan mobil engkong ane tuh

peysblog - 21 Agustus 2015

Jaman engkong masih nongkrong tuh

12. goozir - 22 Agustus 2015

saya liat tuh di kali waktu ke curug cipamingkis nagnkutin pasir. orang bilang truk buaya. orang jalanya di kali dalam air…

warna baru Suzuki gixxer keren juga loh…

http://www.goozir.com/2015/08/skema-2-warna-suzuki-gixxer-keren-juga-ya.html

13. Jakwir - 25 Agustus 2015

saya pernah lihat dan papasan juga om

memang unik dan antik

mantap

peysblog - 25 Agustus 2015

hooh… tp msh diselidiki nih rada aneh soalnya muoso VOC pake toyota

14. Review Fisik Honda BR-V Both Revolutionary Vehicle Yang Mengejutkan!!! | PEYSBLOG - 30 Agustus 2015

[…] (Baca juga : Tiper… Kendaraan Sisa Perang Yang Masih Beroperasi Saat Ini) […]

15. Melepas Penat Dengan NatuRace Ala TT Isle Of Man… Motor Sehat Otakpun Sehat | PEYSBLOG - 7 September 2015

[…] Tiper, kendaraan sisa perang yang masih beroperasi di sini […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: