Iklan
jump to navigation

Ulasan Lengkap Seputar Aki Kering Untuk Motor 1 November 2015

Posted by peysblog in PADAAW, Tips.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Sampurasun…

aki amaron

PEY – Aki atau Accumulator (accu) adalah komponen penting pada sebuah kendaraan. Apalagi di era modern banyak hal diatur oleh daya elektrik. Beruntungnya sejak 10 tahun silam kita mengenal aki kering atau Maintenance Free (MF) jadi tak perlu lagi kuras/ganti air accu dan isi ulang stroom. Tapi di balik kebebasan perawatan tersebut kita seringkali merasa terlalu nyaman sehingga bisa saja di tengah perjalanan tiba-tiba aki soak, tidak bisa starter dan lain-lain. Inilah yang saya alami seputar aki kering dan kebetulan baru saja diganti pake aki Amaron Pro Rider, semoga bisa berbagi pengalaman dengan kawans sekalian

Usia Pakai Aki Kering Yang Ideal

Tidak ada acuan pasti tentang usia pakai aki kering untuk motor, yang ada hanyalah pendapat-pendapat dari pengalaman yang menyatakan antara 2-3 tahun bahkan ada yang lebih lama dari itu tapi kasus seorang kawan yang menyedihkan sekali ia hanya bertahan 5 bulan saja dengan aki kering-nya. Mungkin tergantung keberuntungan saja ya ehehehe… Okelah kita ambil angka tengah, sebut saja 2,5 tahun dan dan dalam usia itu normalnya motor sudah menempuh 30.000 km. CMIIW Motor saya sekarang hampir mencapai 30ribuan jadi jika berpatokan ke sana sudah waktunya ganti aki daripada soak di tengah jalan.

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Usia Pakai Aki Kering

Banyak hal yang mempengaruhi daya tahan sebuah aki, di antaranya penggunaan kelistrikan. Kebiasaan menggunakan electrik starter nyatanya mampu meningkatkan daya tahan aki dan motor yang jarang dihidupkan malah tidak baik untuk kestabilan daya yang ditampungnya. Selain itu goncangan saat berkendara juga bisa merusak sel-sel di dalam aki, jadi semakin sering kita melalui jalan jelek dengan goncangan berlebihan maka semakin cepat juga rusaknya aki.

Selanjutnya usia aki juga ditentukan oleh tugasnya, contoh saja pada Vategawa (Vario 125) yang memiliki 12 titik lampu (6 pada bagian depan dan 6 di belakang) bisa disebut berlebihan jika dibanding matic lain dengan kapasitas aki yang sama. Belum lagi komponen lain yang diatur tenaga elektrik.

Selain itu kita juga tidak bisa memperhitungkan berapa lama aki yang kita beli berada di toko, karena semakin lama disimpan tentu saja semakin turun juga fungsinya karena termakan usia.

Cara Mudah Menguji Kinerja Aki

Daripada menunggu aki sampai soak alangkah lebih baiknya jika kita mendeteksi lebih awal. Cara paling mudah tentu saja dengan mengukurnya dengan volt meter, apabila sudah angkanya sudah berada pada 12,4 V maka aki tersebut sudah tidak bisa disebut prima lagi. Tapi apakah serepot itu kita harus bongkar pasang dan mencari alat pengukurnya? Ikuti tips ini dan semoga benar.

Pertama hidupkan motor dan nyalakan semua lampu termasuk salah satu lampu sein , setelah itu untuk matic lebih mudah lagi tinggal standarin dan biarkan side switch stand bekerja, jadi kondisi mesin mati sementara semua lampu masih menyala. Selanjutnya angkat kembali standar dan pencet tuas rem agar lampu rem menyala. Pencet elektrik starter jika pada saat starting lampu utama terlihat meredup kemungkinan besar aki motor sudah tidak prima alias waktunya minta jajan/ganti aki, tapi jika lampu tetap stabil selamat aki motor masih bagus.

Bisakah Aki Kering Di-Recharge?

Pada aki bawaan pabrk di motor saya terlihat jelas tulisan “Jika tegangan terbuka di bawah 12,4 Volt, battery ini perlu distroom ulang”. Tapi ketika saya tanyakan ke mekanik, tetap saja aki kering yang sudah dipakai dan kemudian soak tidak bisa direcharge. Tulisan tersebut hanya berlaku ketika pembelian baru sedangkan voltnya sudah melemah,bisa di-recharge karena komponennya masih bagus. Kalau sudah dipakai lama dicharge lagi juga percuma.

Demikian, semoga berguna. Mohon koreksi dan tambahannya

Salam dari Gunung

Iklan

Komentar»

1. warungasep - 1 November 2015

wow aki amaron mantap… saya sudah pake ge es astra awet selama 3 tahun tetep aki amaron paling istimewa pemirsa… ayo beli ayo beli… mantap

peysblog - 1 November 2015

hahahaha husssss ngke eta mah bahas na

warungasep - 2 November 2015

eh poho.. kabuuurrr

2. cadoxs - 1 November 2015

Sepengetahuan saya aki kering soak selama sel dalemannya belom rusak sebelom di charger buka tutup atas isi lagi cairannya bisa balik lagi normal

peysblog - 1 November 2015

Kalau sudah dipakai otomatis selnya juga rusak toh mbah. betul gak? hehehe

cadoxs - 1 November 2015

Ga juga kebanyakan cuma kering aja

peysblog - 1 November 2015

sip mbah pencerahan

3. wtf170 - 1 November 2015

hiii…baru kemarin euy ganti aki si pario….3 tahun 1 hari usianya….
lumayan lah dgn spek 2 lampu osram 35 whatt plus klakson denso dtambah pernah d siksa pas jaman seneng kenceng dulu…267 ribu…lumayan euy harganya

cadoxs - 1 November 2015

Ngitungnya pake kalkulator pas bener😛

wtf170 - 1 November 2015

Inget gara2 pas pajekan…hihihi

peysblog - 1 November 2015

odometernya udh berapa om ril?

peysblog - 1 November 2015

vario emang kebanyakan lampu

4. KomMotor - 1 November 2015

Duh… aki na geus aya…
Ari si nini kamana? :mrgreen:

5. otoborn.com - 1 November 2015

Sy mengalami usia 2 th sudah pakai 3 aki (termasuk bawaan) dan harus ganti lagi pake aki setan, baru awet sampe skrg. Dicek komponen lain normal, sampe ada ganti2 juga tetep aja gitu.
Di spido fulldigital domba sy paling gampang deteksinya, begitu posisi kontak on, kondisi semua lampu hidup/mati gpp soalnya blm aho, dicoba push starter elektrik led berkedip/restart. Starter pun ngorok dulu baru jreeng.

peysblog - 2 November 2015

Nahhh ini, saya tulis dikit di atas jd spy lengkap ada di komennya

otoborn.com - 3 November 2015

Ada tips setan dapet dari mbah mbuh siapa, krn jkt biang macet,sering stop, saklar stoplamp depan dinon aktifkan spy mengurangi beban kelistrikan. Tapi harus biasain di kondisi jalan lancar braking sertain rem belakang wlpn sdikit, spy pengendara diblkg aware.
Daripada pas aki tekor di tanjakan, lagi boncengan ma anak bini, mesin mati bahayain boncenger n pengendara lain diblkg

6. macantua.com - 1 November 2015
7. Mengganti Aki Vategawa dengan Amaron Pro Rider | PEYSBLOG - 2 November 2015

[…] – Setelah sebelumnya kita bahas aki kering secara lebih umum baik itu cara menguji voltase aki kering (uji kelayakan) , maupun usia pakai aki kering itu sendiri. Sekarang akan saya share seputar […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: