Iklan
jump to navigation

Mengganti Aki Vategawa dengan Amaron Pro Rider 2 November 2015

Posted by peysblog in PADAAW, Tips.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Sampurasun…

pemasangan accu amaron

PEY – Setelah sebelumnya kita bahas aki kering secara lebih umum baik itu cara menguji voltase aki kering (uji kelayakan) , maupun usia pakai aki kering itu sendiri. Sekarang akan saya share seputar penggantian aki. Motor saya baru menginjak usia 23 bulan tapi odometer hampir 30rb-an, sepertinya sudah waktunya ganti aki dan saya putuskan untuk memilih aki warna hijau bernama Amaron Pro Rider beta series dengan kode ETZ5S, bukan karena warna hijau dan bentuknya yang imut tapi karena sempat booming dengan penawaran garansinya yang lumayan lama yaitu 12 bulan jika dibanding merk lain garansi ini lebih unggul.

Pertama membuka dus (unboxing) dalamnya terdapat satu buah aki (yaaaeyaaalaaaaah muoso roti wkwkwkwk) ada juga 1 set baut dan kartu garansi. Cukup lengkap tapi yang disayangkan adalah tidak ada buku panduan berbahasa Indonesia. Mungkin karena Aki Amaron merupakan produk import dari India.

aki amaron

Dari segi ukuran, aki ini lebih pendek daripada aki bawaan di motor saya. jadi ketika dipasangkan ada gap sekitar 1,5cm dengan pengikat bagian atas. Untuk mengatasinya saya ganjal pake karet, tapi beruntung juga karena ruang ini cukup untuk menggulung kabel set projie yang lumayan “pabaliyut”.

pemasangan accu

Diganjel karet

Setelah terpasang saya jajal elektrik starter dan hasilnya tokcer lantas dilakukan testing daya aki dengan metode menyalakan semua lampu dan mematikan mesin dengan side switch stand kemudian hidupkan kembali dengan elektrik starter dan ternyata lampu tetap stabil gak ada acara meredup saat start. Setelah itu saya dengarkan suaranya, hasilnya tidak ada ngorok khas aliran listrik, hati-hati pada beberapa kasus terjadi ngorok pada titik temu kabel dan kepala aki (kutubnya). Temuan seperti ini kemungkinan kepala kutubnya tidak sesuai.

Nahh itulah sedikit pengalaman di LAB yang bisa saya bagi pada proses penggantian aki motor, untuk daya tahan nanti kita bahas lagi setelah melewati usia pemakaian 6 bulan.

Ada tambahan? Silakan dikomentari

Salam dari Gunung

Iklan

Komentar»

1. bayu - 2 November 2015

Harga brp, Om?
Spek brp ampere ya?

peysblog - 2 November 2015

Harga kepala 3 bro, ampere juga 3AH

2. Mase - 2 November 2015
peysblog - 2 November 2015

the power of colors wkwkwkwk

3. Kobayogas - 2 November 2015

Mantaappp

peysblog - 2 November 2015

😀

4. darsonosu - 2 November 2015

beli-nya dimana om?

peysblog - 2 November 2015

beli onlen

5. Modifikasi Headlamp Asimetris Vario 125 Dengan Skotlet, Murmer Brooo… | PEYSBLOG - 3 November 2015

[…] modifikasi cutting sticker lampu maka kali ini tibalah saat untuk mempraktekkan sendiri setelah ganti aki baru. Konsep modifikasinya tanpa gambar jadi hanya hasil imajinasi di kepala saja, dan saya memilih […]

6. Kirana Chandra - 5 November 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: