Iklan
jump to navigation

Cara Mudah Membuka Mika Lampu Motor 20 November 2015

Posted by peysblog in Modifikasi, Tips.
Tags: , , , , ,
trackback

Sampurasun…

Modif cutting headlamp vario asimetris

PEY – Salah satu hal yang bisa disebut hambatan pada saat hendak memodifikasi ataupun mereparasi lampu adalah ketika dihadapkan pada  reflektor dan mika yang harus dipisahkan. Pada beberapa motor sangat sulit melepas mika dari reflektornya, salah satunya adalah pada lampu Vario 125 old. Ketika rusak harus beli paket baru dengan harga sekitar Rp. 220.000 yang ori, terbilang mahal jika dibanding dengan harga mikanya saja yang hanya 90ribuan. Jadi lebih baik ganti mika saja kan?

Oleh karena itu saya buatkan  tutorial bagaimana cara melepas mika dari reflektornya, susah-susah gampang lahhhh. Yuk lanjut

Kebetulan saya membeli paket projie yang pada saat pengiriman ke gunung terbolak balik gak karuan akhirnya kaca penutup angle eye terluar copot dan mau tidak mau harus melepas mika untuk mengelemnya kembali, pada gambar di atas terlihat kan? lampu sebelah kanan gak bener.

Untuk membuka / melepas mika kita membutuhkan alat, antara lain :

  1. 2 buah sendok makan yang tipis sebagai pencongkel. Kenapa sendok tipis, kan ada alat lain semisal obeng? Obeng terlalu keras jadi ketika membuka dikhawatirkan malah merusak mika, beda dengan sendok yang kadang kalah / bengkok sendiri ketika mendapat tekanan.
  2. Hairdrier atau lebih baik heat gun tapi karena saya hanya ada hairdrier ya pakai ini saja.
  3. Sepaket kesabaran
  4. Sebatang Rokok Kretek dan Segelas Kopi Hitam. Biar Konsen 😀

membuka mika lampu motor

Catatan : pada saat saya bekerja tidak ada asisten yang mengambil foto jadi hanya beberapa foto ini yang bisa disajikan. Tapi tutorial kalimatnya cukup jelas kok. OK?

Pertama panaskan bagian reflektor yang dikait oleh mika, bagian tersebut dicongkel terlebih dahulu setelah panas sebelum ke bagian lain.

Kemudian semprotkan udara suhu tertinggi dari haridrier ke sekeliling permukaan reflektor yang nempel ke mika, mulailah congkel dari sudut paling atas karena biasanya di sudut itu ada lipatan reflektor.

Selanjutnya sambil dipanaskan congkel secara perlahan bagian lain secara berurut (dari sudut atas ke bawah dan seterusnya) setelah sendok masuk biarkan menahan agar mika tidak kembali menempel, gunakan sendok lain untuk mencongkel bagian seterusnya. Cabut lagi sendok yang tadi sementara yang satu didiamkan. Begitu terus berulang-ulang sehingga semua bagian tercongkel. Ingat harus dalam kondisi panas.

Daaaan berhasil!!!

membuka mika lampu

Mika terlepas dari rumah lampunya. Padahal lemnya itu sudah ditambah dari penjualnya, kalau masih standaran sih mungkin lebih mudah dari ini. Selanjutnya tinggal reparasi / modif sesuai keinginan. Sementara untuk menempelkannya kembali relatif lebih mudah tapi tetap saja harus dalam kondisi panas agar lem / sealent menutup sempurna, atau lebih baiknya dilem lagi dengan lem aquarium.

Demikian, semoga berguna dan salam dari gunung.

Update dari MasBro WT170 ternyata untuk headlamp ori jauh lebih susah bahkan katanya harus melalui penggodokan hehehehe, mirirp sterilisasi lah. Berikut komentarnya :

Itu krn dah d copot mang….kl ori nya malah lebih susah lagi….
Kl ori nya biasanya dgn cara d rebus d air mendidih,kl ori gak meleleh…kl imitasi ya mlenyok…

Baca juga tips modif lainnya

 

 

 

Iklan

Komentar»

1. FЭЯY - 20 November 2015
peysblog - 20 November 2015

rapet banget. jadi kudu sabar

Sing Indo - 20 November 2015
2. wtf170 - 20 November 2015

Itu krn dah d copot mang….kl ori nya malah lebih susah lagi….
Kl ori nya biasanya dgn cara d rebus d air mendidih,kl ori gak meleleh…kl imitasi ya mlenyok…hihi

peysblog - 21 November 2015

Busyeeet ternyata ekstrim banget. Dikasi garam gak? wkwkwkw

wtf170 - 21 November 2015

Beneran itu

peysblog - 21 November 2015

Yoi ntar saya update di artikel

wtf170 - 21 November 2015

Kalo yg agak modal ya pake heatgun kan….mika masukin kardus…jd kayak di oven mungkin…hihi….kalo yg ori langsung d hairdryer mungkin setengah hari bru kebuka….hahaha

fari.fairis - 26 November 2015

confirmed.. yg ori emang keraszz..
karna males manasin, biasanya ane pake metode pemaksaan.. pake obeng, hajaar.. 😀
dibongkar 1x, masih oke.. kalo dah brkali2, jadi agak longgar.. duh..

peysblog - 27 November 2015

Wahhh jangan sering2 donk 😀

3. KomMotor - 20 November 2015

ASbakna klasik mang… :mrgreen:

peysblog - 21 November 2015

Wehhh malah bahas asbak, itu mah pemeran figuran wkwkwkw

4. Sensasiku - 20 November 2015
peysblog - 21 November 2015

Juragan blog getoooo 😀

Sensasiku - 21 November 2015

Haiaahhh

Sensasiku - 21 November 2015

Haiaaahhhhh…

5. viwimoto.com - 20 November 2015

wah mudah ya..

peysblog - 21 November 2015

Gampaaang

6. bloggoozir - 20 November 2015
peysblog - 21 November 2015

Yupp betul

7. mbah_anom - 20 November 2015

Make hairdryer, teu boga alat kecantikan nu kitu mang -_-
bisa make catokan teu ? :v

peysblog - 21 November 2015

Hahahaha lampu dicatok rek jadi kumaha jal?

8. Tradisi Modif Motor Tahunan, Apa Saja Yang Dibutuhkan? | PEYSBLOG - 23 November 2015

[…] Membuka mika lampu dan memodifikasi bagian reflektornya, ini super sulit dan membutuhkan ketabahan ekstra 😀 […]

9. kliwon - 1 Desember 2015

Kalau saya dulu ngalami di motor smash ganti mika, ngak ada hairdrayer, pake thiner atau pertamak sambil di conkel pelan2 kang
Hasilnya bagus, asal tlaten aja

peysblog - 6 Desember 2015

Sipp tambahannya kang. Mantef

10. Cara Membuka Mika Lampu Motor | MotoRaw - 18 Januari 2016

[…] ke bawah. Itu sih yang MotoRaw tahu. Kutipan artikel DIY kali ini MotoRaw ambil dari om Pey pemilik peysblogcorner.com yang menyajikan tutorial membuka lampu motor Vario 125 miliknya. Bagaimana […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: