Iklan
jump to navigation

Sepeda Motor… Antara Estetika dan Aerodinamika 21 Januari 2017

Posted by peysblog in PADAAW, Ulasan Desain.
Tags: , , , ,
trackback

Sampurasun…

PEY – Makin maraknya motor sport fairing di Indonesia ini menegaskan bahwa pecinta motor kenceng mulai kembali berjaya setelah vakum di era milenium. Motor  fairing sudah pasti diterjemahkan sebagai motor buat ngebut  dengan segala kelebihannya. Namun sering kali membuat dua hal ini saling bertentangan.  Apakah itu? Estetika yang melihat dari nilai-nilai seni dan satu hal lagi yaitu  Aerodinamika sebuah ilmu tentang gaya gerak udara. Dua kajian yang sering kali berlawanan dalam urusan roda dua. Yang satu pakai otak kiri dan satunya lagi otak kanan. Yang satu konstan sementara satunya lagi berkembang.  Jadi bingung… Oleh karena itu sepertinya wajib dibahas dan didiskusikan di peysblogcorner.com. Yuk lanjut

Pemahaman Sederhana Aerodinamika

Ilmu ini sangatlah kompleks kalau kita bahas tak akan cukup setahun. Cukup kita pahami secara sederhana saja yaitu ketika sebuah benda menerjang udara, semakin baik aerodinamikanya maka semakin cepat pula gerakannya karena memiliki sedikit gesekan dan tidak terlalu banyak meninggalkan gumpalan udara yang tersedot mengisi  celah kosong di belakang setelah benda menembusnya (turbulensi). Sederhananya gaya gesek di bagian depan dan gumpalan sisa inilah yang bisa mempengaruhi speed. Setuju?

Semua Orang Paham Teori Tear Drop dalam Aerodinamika

Mengenai aerodinamika bisa disimpulkan lewat gambar bentuk-bentuk aerodinamis di bawah ini

aerodinamik

Tetesan air merupakan contoh aerodinamika terbaik karena bentuk sifat air yang secara alami menyesuaikan diri dengan angin yang menerpanya.  Yakin sekali kita semua sudah paham soal teori Tear-Drop ini, buktinya kalau menggambar tetesan air maka bagian depannya pasti membentuk bulatan dan sementara bagian belakangnya meruncing.  Setuju?

Banyak Orang Sependapat Soal  Estetika

Desain adalah selera! meskipun Estetika bukan ilmu pasti tapi kebanyakan orang di jaman itu akan memiliki kecenderungan yang sama terhadap satu desain dari itulah lahir yang namanya trend. Mau itu sekedar ikut-ikutan atau memang kesenangan sendiri

lingkaran

Contoh sederhana lagi, ketika diberi sebuah bentuk lingkaran dan diminta untuk memberi titik dalam lingkaran itu sudah pasti kebanyakan memberi titik di posisi tengah. Itulah selera umum. Yang ngasih titik di pinggir hanya secuil aja. Itulah bukti bahwa orang sependapat mana yang wajar dan mana yang tidak.  Setuju?

 

Bagaimana dengan motor fairing? Contoh kongkrit kita lihat  dari fairing motor motoGP yang sudah pasti diperuntukkan sebagai pelari dan pembelah angin.  Bentuk moncongnya tidak begitu runcing dengan indshield membulat.  apalagi MotoGP jadul, tapi kok tetap keliatan ganteng yah?

Sementara ketika melihat motor fairing yang dijual di pasaran yang desainnya berkembang sesuai jaman secara selera akan mengadopsi desain futuristik yang identik sekali guratan serba tajam. Hal itu  jika dibandingkan dengan gambar Bentuk Aerodinamis di atas seperti penggabungan dari Cone dan Streamlined. Motor sekarang bagian moncongnya runcing, belakangnya lebih runcing lagi. Yang merancang memang para ahli yang tentu sudah memperhitungkan semuanya tapi kembali ke selera dan fungsi motornya. Gak perlu bahas merk lah kawans semua pasti tahu ada yang ganteng banget tapi fairingnya pendek menantang angin, ada juga yang lumayan ganteng tapi buntutnya menjulang tinggi bikin dahi berkerut, dan ada pula yang terbaru dengan aerodinamika terbaik tapi tampangnya sering dianggap ketinggalan jaman.

Heheheh jangan baper plis! Karena banyak solusi mengatasi kelemahan ketiganya, misal kekurangan manakah yang mudah dimodifikasi atau diperbaiki.   Intinya motor harus sesuai karakternya, kalau motor fairing ya no 1 harus kenceng, setuju?

Kalau saya sih milih matic buat muter-muter, kenceng mah nomor sekian. Yuk dikomentari dan dishare

Selamat akhir pekan dan salam dari gunung

Baca juga ulasan lainnya gaes

 

 

Iklan

Komentar»

1. warungasep - 21 Januari 2017

GSX R150 memang mengacu pada sisi aerodinamika, tapi dalam segi estetika? ya pasti jawabnya selera orang beda-beda? pertanyaannya adalah… berapa harga BBM di negara Uzbekistan???

peysblog - 22 Januari 2017

Kok GSX sih pak

2. Apipotoblog - 21 Januari 2017

Berat.

peysblog - 22 Januari 2017

opo gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: