Iklan
jump to navigation

Legenda dan Realita RWB, Warna Sakral Khas Honda Yang Terlupakan 15 Februari 2017

Posted by peysblog in Design, Ulasan Desain.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Sampurasun…

PEY – Ketika ditanya soal desain paduan warna khas Honda maka yang pertama kita ingat adalah Livery Repsol atau biasa kita sebut Repsol Edition yang memang melegenda di ajang motoGP. Namun nyatanya livery ini merupakan sponsor yang bukan terlahir dari Honda sendiri. Lantas yang manakah khas Honda sesungguhnya? Ialah RWB alias Red White Blue yang dulu sempat diaplikasikan juga hingga ke segmen bebek dan skutik seperti Blade dan Vario, namun sekarang kita belum melihat indahnya RWB pada motor Honda di Indonesia bahkan sekelas CBR250RR sekalipun, apakah desain livery ini dilupakan atau terlalu special? Yuk kita cari tahu….

Sejarah RWB

RWB yang kita kenali memiliki warna dasar putih dengan striping perpaduan biru dan merah, tapi pada awal kelahirannya RWB berlatar merah mungkin sebab itulah disingkatnya RWB bukan WRB 😀 Pada tahun 60an tepatnya dari ajang Tourist Trophy di Le Mans yang diikuti oleh Honda sejak  tahun 1959, motor Honda biasanya diberi warna merah yang menjadi ciri khas tim Honda dan warna ini masih digandrungi hingga tahun 70an, bahkan warna itu makin populer.

Di tahun 1973 lahirlah motor pertama yang menggunakan warna Red White Blue.  Motor tersebut adalah CB750 yang dipakai di ajang Daytona 200 Hours Race. Baik motor dan pakaian Ridernya yaitu Morio Sumiya sama-sama menggunakan paduan warna merah-putih-biru yang atraktif.

cb750-racer-daytona

Akibat kesuksesan timnya  RWB menjadi sangat identik sebagai warna khas motor balap Honda dan akhirnya pada tahun 1976  Honda meresmikan livery tersebut sebagai warna resmi untuk motor balapnya.  Motor pertama yang dipercaya memakai baju RWB adalah Honda RCB1000 yang diikutsertakan di ajang Europe Endurance Championship.

rcb-1000-1976

Inilah yang pada akhirnya pabrikan Honda memproduksi CBR1000 di tahun 80an dengan motif RWB,  tentu saja paduannya lebih enak dilihat yaitu dominan putih,  sehingga pada saat ini kita kenal RWB sebagai warna khas klan CBR

RWB dilupakan?

Melihat pada sejarahnya yang berawal dari ajang balap. RWB berkembang, digandrungi dan kemudian diresmikan. Perjalanannya mirip dengan legenda livery Repsol. (Baca lagi desain repsol dari masa ke masa) Seiring berjalannya waktu tim Repsol Honda makin menguasai ajang MotoGP. Sehingga generasi saat ini justru mengenal keperkasaan Honda lewat Repsol Team yang akhirnya “pakaian” itulah yang diterapkan sebagai livery bawaan untuk penambah aura motor balap bagi penggunanya. Lihat saja dari harganya bisa beda jauh antara versi standart dengan Repsol Edition walaupun seringkali perbedaannya cuma cat saja kan? Lantas apakah ini ciri bahwa RWB dilupakan?

Nanti duluuuuu… Lihat lagi RC213V-S sebagai motor balap Honda versi umum alias legal untuk dimiliki siapapun.   Warnanya apa? Justru paduan RWB yang diaplikasikan pada motor ini bukan Repsol. Maka dari itu RWB tidak bisa disebut “dilupakan”, mungkin untuk di Indonesia hanya cukup pakai kata “terlupakan”. Konotasinya kan beda? Analisa saya sih akibat trend Repsol yang digandrungi. Kalau seperti ini kejadiannya sepertinya RWB menjadi klasik, sakral dan sangat spesial.

Nahhh sekarang kita bisa bandingkan Repsol dan RWB berdasarkan sejarah perjalanannya dan penerapannya saat ini.  Jika Repsol itu Special Edition maka RWB adalah Limitted Edition. Lewat kacamata cocoklogi ini bisa jadi diproyeksikan untuk amunisi pada update CBR150R yang mulai terancam Suzuki GSXR150 dan Yamaha New R15. Tinggal pakai USD ditambah paduan RWB maka CBR150R layak ditambah emblem Limitted Edition. Kemudian untuk kakaknya yaitu CBR250RR, kebayang banget gagahnya kalau ada limitted edition yang RWB.

Demikian ulasan desain untuk pagi hari ini… Silakan dikomentari, kalau salah monggo ditipe-x bae / dikoreksi.

Salam dari gunung

Baca juga ulasan lainnya

 

 

Iklan

Komentar»

1. Emang - 16 Februari 2017

Leres pisan kang,nais inpoh

2. ashes - 19 Februari 2017

jujur, mata lebih seger liat varian RWB drpd repsol. dirumah ada cbr sempak rwb punya kaka sm nvl putih abu abu punya ane. ada keinginan buat bikin livery rwb di vixi jdnya. mungkin klo ada waktu luang, bisa tlong di realisasi via gambar mang? hehehe.

peysblog - 19 Februari 2017

vixy yah? boleh ntar sy konsep

3. Desain Cutting Sticker RWB untuk CBR250RR, Kombinasi Gaya Baru | PEYSBLOG - 20 Februari 2017

[…] – Sebelumnya sudah peysblog bahas secara singkat mengenai Sejarah Warna RWB yang ternyata murni terlahir dari Honda sebagai sebuah identitas motor balap yang akhirnya […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: